Posted on

Tips menciptakan sebuah Blog yang indah

Blog menurut saya adalah sebuah tempat dimana kita bisa mencurahkan dan menuliskan segala inspirasi, ide, wawasan, info, atau menawarkan produk jualan kita secara online. Blog bisa diciptakan oleh siapa saja mulai dari kalangan penulis hingga yang baru belajar menulis sekalipun seperti saya ini. Tidak usah berkecil hati jika tidak bisa menulis, yang penting ada kemauan. Itu saja. Ide dan bahan tulisan bisa datang dengan sendirinya kapan saja dan dimana saja.

Selanjutnya buatlah sebuah blog dengan mendaftar di ratusan layanan blog di internet. Untuk pemula bisa dimulai dengan Blogspot atau WordPress seperti yang saya pakai. Caranya sangat mudah, mungkin banyak pembaca yang sudah tahu.

Namun, membangun sebuah blog tidaklah semudah kita membayangkan. Setelah mendaftar, kita pasti berpikir mau diisi apa blog saya nantinya, bagaimana merawatnya, bagaimana caranya mengisi dengan konten yang berbobot, bagaimana caranya menarik pengunjung yang banyak dll. banyak yang bilang menulis artikel yang berkualitas dan sering mengupdate konten adalah jaminan bagaimana blog kita menjadi ramai nantinya. Menurut saya pribadi, itu saja belum cukup lho..

Tampilan sebuah blog yang professional juga berpengaruh terhadap pengunjung yang datang. Mereka pasti akan kembali berkunjung lagi nantinya untuk sekedar membaca atau menikmati layout tampilan blog kita yang bagus. Nah, bagaimana caranya agar blog kita disukai pengunjung? Langkah-langkahnya sederhana yang saya tulis adalah sebagai berikut:

1. Memilih template blog yang simpel.

Jangan tergoda dengan macam-macam pilihan template yang terlihat keren namun justru membuat bingung pengunjung yang datang. Jika blog anda adalah blog pribadi, maka saya sarankan pilihlah template yang simpel dengan navigasi yang jelas. Mau 2 kolom atau 3 kolom terserah, yang penting tidak menyulitkan anda dan pengunjung anda nantinya. Saya pribadi menyukai 2 kolom saja.

2. Memilih warna yang tepat.

Selera setiap orang berbeda-beda, begitu juga dengan pilihan warna. Disini saya mengutamakan warna dasar putih dengan kombinasi warna hitam atau biru untuk font tulisan. Warna ini membuat mata rileks membaca tulisan anda. Google juga menyukai warna standar ini dibandingkan warna dasar hitam dan putih untuk font. Hindari pemakaian warna-warni kecuali Header blog yang gunanya untuk meningkatkan tampilan dan identitas saja.

3. Hindari pemakaian widget yang berlebihan.

Ramainya widget pada blog terkesan norak atau dari segi tampilan terlihat acak-acakan. Pemakaian widget yang banyak membuat loading blog menjadi berat. Pengunjung yang mengandalkan koneksi internet lambat akan cepat-cepat keluar dari blog anda karena lamanya loading. Ingat, pengunjung membutuhkan informasi yang ia cari bukan tersitanya waktu mereka. Segeralah buang widget yang kurang bermanfaat. Sebagai contoh: saya tidak memasang widget kalender. Mengapa? pengunjung yang datang ke blog kita hanya membutuhkan tulisan yang dicari mereka, bukan capek-capek melihat tanggal berapa sekarang. Atau pernah melihat blog yang ada musiknya? Itu sangat konyol menurut saya. Bagi yang mengandalkan koneksi internet pas-pasan, kadang merasa jengkel dengan suara musik yang “putus-putus” itu. Loadingnya pun pasti berat. Hal yang pasti saya lakukan adalah segera keluar dari blog amatir tersebut. 

Widget wajib menurut saya adalah Search, Arsip, Kategori, Tulisan terakhir, Komentar terakhir, RSS, Page, atau bisa ditambahi dengan widget socialweb seperti Twitter, Facebook atau bisa juga widget yang mendata statistik pengunjung. Intinya, pilihlah widget yang benar-benar bermanfaat bagi blog anda.

4. Jangan memasang iklan terlalu banyak.

Tawaran menggiurkan program pay per clik atau PPC seperti Google Adsense, Adbrite dll memang menguntungkan dari segi pendapatan sampingan anda dari internet. Namun harus dipikirkan juga mengenai jumlah iklan yang kita pasang. Iklan yang banyak dan berserakan di blog membuat pengunjung tidak betah berlama-lama di blog anda. Harap dicatat, pengguna internet sekarang sudah tahu mana yang iklan dan mana yang postingan penulis. Boleh jika anda memasang iklan, tetapi batasi jumlahnya hanya 2 iklan saja. Yakni di sidebar dan Header atau atas postingan. Kecuali jika tujuan anda membikin blog hanya mencari uang semata.

5. Buat tulisan yang berbobot.

Tidak ada gunanya membuat sebuah blog jika tidak ada tulisannya. Untuk itu perkaya artikel anda dengan mengupdate tulisan sehari sekali atau minimal seminggu sekali . Perhatikan tata bahasa yang anda gunakan supaya dapat dimengerti oleh pengunjung yang datang dari segala usia. Jika tulisan anda menarik, maka pengunjung yang datang akan kembali lagi mengunjungi blog anda untuk sekedar melihat postingan yang baru anda tulis.

Sementara hanya itu saja tips dari saya. Intinya, blog terlihat indah jika membuat nyaman pengunjung yang datang. Ingat, kesan dari pengunjung sangat menentukan keberhasilan anda menciptakan blog yang dimulai dari diri anda sendiri. Apakah blog anda juga demikian?

Iklan

About Dhaniar Fito

Penulis amatiran yang berpura-pura menjadi blogger supaya terkenal di internet, terutama Google.

12 responses to “Tips menciptakan sebuah Blog yang indah

  1. Luqman Ar-Raahman Al-Shaleh ⋅

    Assalamu’alaikum…
    Sangat bermanfaat wacanan anda…
    Silahkan kunjungi blog saya
    http://abdurrahmanshaleh.wordpress.com/
    kasih komentar dan saran ya…
    Terimakasih…
    Wassalamu’alaikum

  2. DhaniarFito ⋅

    Waalikum’salam….
    oke mas rahman, segera meluncur…

  3. gie ⋅

    trimakasih sarannya……
    sy jd ingin membuat blog lg……
    tp nanti setelah sy menyelesaikan pembuatan skripsi sy yg dikejar deadline…..
    biar enteng gtu bs bikin blog tanpa beban….

  4. rina32

    makasih bgt buat sarannya.
    sangat membantu sekali buat sy yg baru belajar menulis blog.

  5. sip tuh mas infonya…
    ajarin ngblog donk…hehe

  6. i52z30

    postingan bagus saya juga baru bikin blog.saya tunggu kunjungan baliknya ke http://meinsymbian.wordpress.com

  7. kalo widget yg bagus apa

  8. adadadadad ⋅

    bangsat kalian semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s