Posted on

Pengunjung yang tidak pernah bertambah

Tanggal 27 Februari 2011 kemarin saya membuat blog lagi dengan  nama saya sendiri. Ya, seperti yang anda lihat sekarang nama Dhaniar Fito menjadi url blog pribadi saya yang baru. Menggantikan blog sebelumnya http://mencerdaskan.wordpress.com yang dibuat pertama kali ketika mulai terjun kedalam dunia blogging. Entah kenapa saya merasa tidak sreg dengan nama blog yang pertama.

Apa karena nama “mencerdaskan” terkesan sok pintar ya? hehe.. akhirnya dengan pertimbangan secara masak, saya putuskan memakai domain nama sendiri. Itung2 memenuhi narsisme dalam diri saya ataupun jika terkenal menjadi penulis, para penggemar tidak akan susah mencari di internet. haha.. (ngarep.com)

Sudah lima hari blog ini mengudara, banyak kekurangan yang saya rasakan maklumlah baru newbie dalam dunia blog. Pengennya kelihatan sempurna terus ini blog. Selain tulisan saya yang buruk (baru belajar nulis soalnya..), ada satu kekurangan wajar dalam setiap blog baru manapun tetapi bagi saya adalah masalah berat. Apalagi kalau bukan masalah pengunjung/visitor blog.

Ketika tulisan ini ditulis, data widget counter stats menunjukan angka 104 jumlah visitor yang masuk. Ya, angka 104 total pengunjung semenjak blog ini dibuat. Jauh berbeda dengan blog teman-teman yang lain mampu menyerap pembaca hingga ribuan setiap harinya. Memang sih blog saya baru 5 hari eksis dengan 10 artikel termasuk tulisan ini. Sempat berfikir widget counter saya yang rusak pengennya 100 pengunjung tiap harinya gitu… haha..

Beragam tips meningkatkan jumlah visitor hasil temuan mbah Google mulai saya coba satu persatu. Meskipun banyak yang tidak paham apa maksudnya, saya tetep mencobanya demi menambah tamu-tamu saya yang lain.  Dari banyaknya cara yang saya lakukan, hanya beberapa tips berikut yang bisa dipercaya bahkan wajib hukumnya bagi blog/website manapun yang ingin menambah jumlah visitor. Saya jabarkan dengan menambahkan kekurangan yang ada.

1. Submit ke Search Engine

Cara wajib yang pertama ialah mendaftarkan blog kita di 3 Search Engine terkenal. Bagaimana blog kita akan ditemukan mesin pencari  jika kita tidak mendaftarkannya terlebih dahulu. Berikut akan saya cantumkan link jika anda belum mendaftarkan blog anda.

Cara singkat lainnya yang patut dicoba adalah submit di Submit Express atau My Page Rank. Caranya cukup mudah kok. Sekali submit, blog anda secara otomatis akan langsung didaftarkan di puluhan search engine yang ada. Namun cara ini mesti menunggu agar proses submit tersebut dapat berjalan lancar.

2. Mensetting blog di 3 Webmaster terkenal.

Siapa lagi kalo bukan Google, Yahoo, dan Bing dan ketiganya saya sukses submit meta tag ke dalam WordPress saya. Bagi yang belum paham caranya silahkan masuk ke Dashboard WordPress anda lalu klik menu Tool. Disana sudah ada kolom yang memudahkan memasukkan meta tag dari ketiga Webmaster diatas, termasuk link websitenya.

Konon cara yang ampuh di menu webmaster terutama google adalah dengan membuat sitemap. Sitemap adalah kata lain dari Peta Situs, atau sebuah peta dan bentuk navigasi pada blog yang bertujuan untuk mempermudahkan pengunjung dalam melihat isi dari suatu web/blog. Bisa juga dikatakan bahwa sitemap itu adalah daftar isi pada blog/website. Namun hingga kini saya belum bisa membuat sendiri sitemap dari wordpress gratisan ini. Kenapa ya, apa karena wp bukan blog format html seperti blogspot milik google?

3. Mendaftarkan blog di mypagerank.net

Situs ini sangat bagus menurut saya, didalamnya banyak sekali layanan yang berhubungan dengan kinerja suatu web/blog. Widgetnya banyak memberikan manfaat yang cukup berharga bagi perkembangan suatu web/blog. Wajib bagi anda yang ingin mengetahui performa dan peningkatan web secara keseluruhan. Cocok juga bagi web komersial. Buatlah account gratis disana lalu lihat bagaimana nilai statistik dari blog anda sendiri. Tapi jika blog anda adalah blog baru seperti saya, hindarilah memakai widget statistik blog. Atau blog anda hanya akan dianggap sebelah mata oleh pengunjung karena melihat statistik yang sepi.

4. Daftar dan share disitus jejaring sosial

Makin ramainya pengguna situs jejaring sosial di dunia khususnya Indonesia, langkah ini wajib hukumnya dilaksanakan. Membagikan update content kita disana memberikan nilai lebih kepada blog anda. Sebabnya, tulisan blog kita secara otomatis menghiasi beranda atau timeline teman2 anda sehingga blog anda akan semakin besar kesempatannya untuk dikunjungi teman anda yang ingin membacanya. Langkah ini ditempuh hampir semua kalangan blogger yang rata2 juga memiliki account di situs jejaring sosial. Jika teman anda sedikit, segeralah mencari teman sebanyak-banyaknya. Cara ini tidak akan efektif jika teman anda/followers sedikit jumlahnya seperti saya.

5. Seringlah berkunjung di blog orang lain

Manfaatkanlah berkomentar setelah membaca artikel di blog lain. Cara ini lumayan berhasil tetapi usahakanlah memberikan komentar yang bermutu kepada sang penulis. Niscaya pemilik blog yang anda kunjungi sedikit tidaknya mereka mampir mengunjungi blog anda. Bahkan memberikan sebuah komentar berharga untuk kemajuan blog anda nantinya.

6. Saling bertukar link

Cara luar biasa namun sangat susah diterapkan. Saya sebut luar biasa sebab, link blog kita yang terdapat di blog yang ramai secara otomatis akan meningkatkan Page Rank kita. Bukan tidak mungkin pengunjung blog yang ramai itu setidaknya akan melirik url kita yang telah direkomendasikan penulis. Namun, cara ini susah sekali karena tidak semua blogger mau bertukar link dengan kita apalagi jika ia melihat Page Rank blog kita yang sepi. Tidak usah berkecil hati dengan hal ini. Teruslah berusaha merayu atau berkomunikasi secara rutin. Anggaplah semua blogger itu kawan dan sahabat kita didunia maya.

7. Minta tolong teman kita untuk mempromosikan

Jika ada teman anda yang mempunyai banyak teman di situs jejaring sosial, minta tolonglah pada mereka untuk menulis atau merekomendasikan blog kita kepada teman-temannya. Cara ini terbukti juga efektif. Tidak mungkinlah teman kita tidak mau dimintai tolong. kita kan teman… 🙂 saya pernah mengalaminya sendiri, efeknya teman-teman mereka masuk ke blog saya walaupun tidak banyak. Terima kasih teman.

 

Itulah sedikit beberapa hal yang saya lakukan guna menarik jumlah visitor. Jangan menggunakan cara-cara ilegal atau software penambah backlink yang banyak beredar diinternet. Lambat laun blog anda akan dihapus oleh search engine atau cara ilegal anda ketahuan.

Saya tidak akan lelah untuk menulis buat anda. Dan saya harus bersabar jika jumlah pengunjung belum sesuai harapan. Mungkin ini merupakan awal yang baik bagi saya. Terus berdoa, belajar dan berusaha adalah cara motivasi dalam diri mencapai suatu keberhasilan. Terutama dalam dunia blogging yang saya tekuni sekarang.

Jika ada yang berkenan untuk menambahi silahkan tulis di kolom komentar. Sangat berguna bagi saya sebagai pemilik blog yang hanya mempunyai pengunjung sedikit dibandingkan yang lain.

Iklan

About Dhaniar Fito

Penulis amatiran yang berpura-pura menjadi blogger supaya terkenal di internet, terutama Google.

16 responses to “Pengunjung yang tidak pernah bertambah

  1. Pengunjung blog saya setiap harinya 1000 orang kok pager rangking saya 0 sedangkan alexa rangking saya di bawah 500.000. Ada yang bantu.

    • Wooowww.setahu saya kalo sdh 1000 visitor per hari tdk ada maslh dgn page rank mas… malah lebih bagus ranknya.
      coba cek dulu mas sdh menerapkan cara no.1,2, dan 6. utk no.6 jika lbh byk link blog kita di blog orang lain itu juga mempengaruhi nilai dari page rank suatu web/blog.

  2. Blog umur dua bulan saja mau rame.
    setahun lagi baru bisa stabil

    btw, mau bikin rame ppake gambar hot ya?
    *ceramah* tidak baik itu, dosa 😀

  3. zeifhend ⋅

    mantap artikel nya, moga sukses selalu…

    salam kompak selalu dari PT.TOGEL FANS CLUB.Tbk

  4. Ikky21

    Wah, nice info..
    Salam kenal..

  5. Kalo soal rame pengunjung, blog saya sendiri paling cuma 300 orang per hari, atau sekitar 500 page views. itupun dengan PR 3 dan Alexa 800ribuan.
    Tapi semua itu kembali pada tujuan kita ngblog. Kalo cuman buat ngejar popularitas dan main iklan, ya memang minimnya pengunjung malah jadi beban.
    Bagi saya sih, semua itu biarkan saja berjalan.
    Satu lagi yang terpenting adalah UPDATE KONTEN. percuma saja mendaftar di semua Search Engine tapi blognya jarang diupdate.
    percaya deh, dalam setahun ni blog pasti bisa tampil di halaman pertama hasil pencarian, meski dengan kata kunci yang sederhana. 🙂

    • maksasih ya mas atas sarannya.

      betul juga, kalo nyari popularitas aja memang jadi beban. mending ngeblog rutin aja. asal gak copas konten meskipun tulisan saya masih gak beraturan ini. hehehe….

      pengen banget ningkatin Pagerank. mas ada usul?

  6. wawan

    Info membangun,thanks senior

  7. kalo multiply bisa gak…..?? blog saya kebanjiran ” clik ” sampai 2000 an / hr, tp action mana lagi..kita msh crouded…trims all
    http://classicmotortishert.multiply.com/

  8. hehehehehee siip…. blog aku juga masih umur jagung…. buwat menambah pengunjung, gak ada salah nya bila di coba, bukan di coba lagi, tapi dilakukan.. emang itu tujuan pertama, banyak pengunjung….. hahahahaayy….
    tanks sobat….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s