Posted on

Mengamankan password

Entah sudah berapa kalinya akun Facebook teman saya dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Rata-rata akun mereka dirusak cuma diambil Chip pokernya saja. Dan yang lebih parah, ada akun yang digunakan untuk tujuan kejahatan seperti meminta uang, pinjam duit, minta diisikan pulsa dll. Berulang kali juga saya membantu memulihkan akun tersebut walaupun ada sebagian yang tidak bisa dikembalikan karena cerdiknya sang “maling” merubah keseluruhan kunci keamanannya. Maaf saya hanya menggunakan kata-kata maling/Cracker, bukan kata Hackerseperti pada umumnya orang awam menyebutkan. Bagi saya, Hacker bukanlah pencuri atau perusak akun seseorang yang tidak bertanggung jawab. Atau gampangnya, Hacker itu membangun, sedangkan Cracker yang merusaknya.

Akan saya bagikan tips sederhana dalam artikel ini menyangkut keamanan email atau akun yang lain. Walaupun tidak seutuhnya aman, namun bisa membikin repot orang yang berusaha menjebol akun anda. Kebanyakan user baru sering melupakan langkah-langkah antisipasi sewaktu membuat akun email atau akun-akun jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan lainnya ataupun juga akun penting lainnya seperti blog pada Blogspot dan WordPress. Mereka cenderung mengikuti langkah standar dari penyedia layanan pada waktu mendaftar. Padahal cara itu kurang secure menurut saya.

Berikut ini cara-cara membuat akun aman yang saya rangkum dan praktekkan secara langsung. Alhamdulillah cara ini lumayan aman untuk melindungi akun pribadi saya sampai sekarang.

1. Membuat jawaban sulit pada pertanyaan keamanan.

Kita tahu semua akun jejaring sosial dan blog kesayangan kita sangat berhubungan sekali dengan email. Pada waktu membuat akun Facebook sebagai contohnya, tentu kita menggunakan email sebagai persyaratan dasar untuk mendaftar. Selain digunakan sebagai username akun, email digunakan juga sebagai proses verifikasi ataupun mereset password jika kita mengalami masalah dikemudian hari. Nah, akun email ini yang sering dibobol dahulu oleh orang yang tidak bertanggung jawab sebelum menjebol akun Facebook kita. Jadi intinya email adalah kunci masuk ke akun Facebook atau akun jejaring sosial lain walaupun dalam kenyataanya sering kita lupakan fungsinya.

Cara yang saya anjurkan adalah membuat jawaban yang panjang atau berbeda dengan pertanyaan keamanan email. Contoh: pada Yahoo, jika pertanyaannya “Dimanakah ayah anda dilahirkan?” bisa diiisi jawaban yang detil sekali seperti: “gang potlot,duren tiga,jakarta selatan”. Jadi jawaban itu tidak singkat alias panjang mendetil hingga kelurahan asal. Teman anda atau orang lain tidak mungkin menebak jawaban itu kecuali anda sendiri. Beda dengan hanya memberi jawaban “jakarta” saja. Teman atau orang lain tidak memerlukan waktu lama untuk menebaknya.

Bisa juga dengan mengisi jawaban yang berlainan seperti: “Dimanakah ayah anda dilahirkan?” jawabannya= “rokok marlboro”. Jadi jawabannya sangat tidak berhubungan dengan pertanyaan, yang penting anda ingat lho ya.., jangan sampai lupa. Bisa juga memikirkan suatu kesenangan atau hobi anda.

2. Pilih password panjang dan kombinasi dengan angka.

Hindari password mudah seperti pada tombol keyboard: 12345678, qwertyuiop, 22334455 dll. Juga jangan memasukkan no.Handphone anda,tgl lahir, atau nama pacar anda sebagai password. Pilih sesuatu yang panjang karakternya dan kombinasikan denga huruf. Sebagai contoh: saya ingin memasukkan nama lengkap adik saya “gilang raga anomi” maka ganti dengan “61l4n6 r464 4n0m1”. Selain panjang, juga berkombinasi dengan angka-angka sulit. Cracker jahat butuh waktu berbulan-bulan untuk memecahkan kode password itu.

3. Membedakan password email dengan akun yang lain.

Terlebih dahulu anda harus membedakan password email anda dengan akun yang lain. Ingat, jangan sampai sama password yang anda gunakan. Bedakan password yang satu dengan lainnya. Jika sesorang mengetahui password salah satu akun anda, bukan tidak mungkin ia juga akan mencobanya di akun anda yang lain. Bersiaplah kehilangan semua akun anda jika ini terjadi.

4. Jangan menyimpan password didalam Handphone.

Kadangkala kita dengan mudahnya menyimpan email sekaligus password di dalam handphone. Entah itu di save message atau notes pribadi. Alasannya biar gampang mencarinya jika kelupaan. Padahal cara demikian sangat tidak dianjurkan. Walaupun handphone  adalah barang pribadi, namun seringkali teman kita meminjamnya untuk SMS atau sekedar bermain game. Tidak enak hati jika menolak meminjamkannya. Namun secara tidak sadar kita membiarkan teman kita menggeledah keseluruhan isi handphone pribadi kita. Secara sengaja atau tidak sengaja sakun yang kita simpan cepat atau lambat akan diketahui.

5. Membersihkan history browser jika online di warnet.

Jika kita sedang online diwarnet, maka berhati-hatilah jika login. Pada browser Mozilla atau yang lainnya segera kita klik perintah “Dont Remind Me” sewaktu kita mengklik tombol login. Ini dimaksudkan agar password kita tidak tertinggal di browser setelah kita logout dari warnet.

Setelah logout, jangan lupa segera bersikan data pribadi browser. Caranya, Pada mozilla klik tab Tools >> Clear Recent History >> Pilih Everything >> Clear Now. Setelah itu, tutup billing warnet anda dan matikan komputer yang anda gunakan supaya komputer warnet kembali ke setting awal.

 

Cara sederhana diatas secara pribadi sering saya gunakan. Walaupun tidak sepenuhnya aman, tetapi cukup membuat repot para maling dunia maya yang semakin bertambah jumlahnya. Berhati-hatilah dan waspada karena akun yang anda buat sangat penting untuk dijaga. Jangan sampai digunakan yang tidak semestinya oleh orang yang tidak bertanggung jawab, tidak menutup kemungkinan oleh teman anda sendiri. Bagaimana dengan anda? Adakah sebagian cara diatas yang juga anda gunakan?

Iklan

About Dhaniar Fito

Penulis amatiran yang berpura-pura menjadi blogger supaya terkenal di internet, terutama Google.

4 responses to “Mengamankan password

  1. ammadis

    Trims banget atas tips nya. Belon pernah dibobol sih…Klo setiap akun beda password-nya…kalo di saya, bakalan susah dan lupa dah…caranya paling saya putar balik dan tambahkan angka saja….

  2. untuk nomor 5 masih rawan, lebih baik sih jangan pernah buka akun apapun dari PC warnet 😀

    • iya mas, untungnya sekarang punya modem sendiri. jadi bs online dirumah. aman deh… heheh…
      tp kalo terpaksa diwarnet saya bw firefox portable+notepad buat nyimpen alamat email. jadi tinggal copas aja. tp password gak saya simpen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s