Posted on

Open Source

Dari dulu pengen banget beli software komputer asli entah itu windows atau software pendukung-pendukungnya. Disamping gak melanggar hukum, software asli mudah digunakan karena gak perlu crack atau keygen untuk menginstalnya. Jadi tinggal masukin CD, ikuti instruksinya plus tambahin seral number lalu beres deh.. Aman juga buat komputer alias bersih dari malware-malware yang sering nyusup ke software bajakan. Namun ada tapinya… Software asli harganya lumayan mahal lho. Sangat kurang bersahabat dengan kantong cekak seperti punya saya ini. hehe.. Memang faktor harga berpengaruh besar pada pilihan konsumen. Semakin mahal maka semakin berpikir untuk membelinya. Inilah yang menyebabkan 70% software yang beredar di Indonesia adalah bajakan. Negara mengalami kerugian sangat besar akibat kebiasaan masyarakat menggunakan software yang tidak asli ini.

Kenapa harus pake software asli ?

Software sama juga hasil kreatifitas buatan manusia. Perlu pemikiran dan usaha yang keras untuk menghasilkan sebuah program yang dapat membantu kegiatan semua orang atau memudahkan kerja kita nantinya. Hasil karya itu kemudian didaftarkan dan diperjualbelikan kepada umum sebagai balas jasa atas pekerjaan melelahkan mereka, sebut saja sebagai upah atau ongkos kreativitas.

Nah, kita sebagai pengguna software yang tidak ikut capek-capek membuatnya wajib menghargai usaha mereka dengan ikut  memakai software asli. Walaupun mahal, tetapi sangat sesuai dengan jerih payah mereka. Banyak keuntungan menggunakan software asli lho.. selain aman, software asli juga mudah digunakan dan tidak merepotkan. Soalnya awet tidak gampang rusak dan bisa diinstal kapan saja tanpa repot-repot memakai crack atau keygen yang banyak beredar diinternet.

Bagaimana jika tidak mampu membeli software asli?

Bagi yang belum mampu membelinya, jangan keburu berpaling ke software bajakan lho ya.. tindakan tidak terpuji itu termasuk kejahatan dan dapat melanggar hukum nantinya. Pada tahun 2010 kemarin, Indonesia diperkirakan mengalami kerugian hingga USD 1 Milliar dari banyaknya software bajakan yang beredar di masyarakat. Wah, uang segede gitu bisa nyekolahin anak se-Indonesia sampai kuliah tuh..! kasian kan negara kita merugi terus menerus, ditambah sang pembuat software tidak mendapatkan apa yang menjadi haknya.

Jika belum mampu beli yang asli. Tenang saja, sekarang sudah mulai banyak kok software Open Source. Selain asli, mendapatkannya pun tidak membutuhkan biaya sama sekali. Sangat menguntungkan bagi saya maupun anda yang demen gratisan. hehe..

Apa itu software Open Source?

Software Open Source adalah  metode pengembangan software yang menyertakan source code, dan mengizinkan pemakaian atau perubahan seperti apapun terhadap source code tersebut. Jadi, open source merupakan cara pengembangan/distribusi software yang membolehkan siapapun memperoleh, mengubah, dan mendistribusi ulang software tersebut.

Jadi intinya, dengan adanya pengembangan ini, kita tidak perlu lagi merogoh kocek dalam-dalam untuk sebuah software asli. Dengan kualitas dan fungsi yang hampir sama dengan software berbayar walaupun kita merasa asing saat menjalankannya pertama kali. Gak masalah kan kita belajar menguasainya dahulu, lama-lama juga terbiasa nantinya. Yang penting koleksi software dalam komputer kita semuanya asli. aman digunakan dan juga dapat menekan angka kerugian negara. Semua itu berkat semakin banyaknya pengembang menyediakan software Open Source.

 

Berikut akan saya bahas 10 software Open Source gratis dalam kategori  fungsinya yang dapat menggantikan software asli yang sangat mahal harganya. fungsi dan kualitasnya juga hampir sama dengan yang berbayar. yang penting bukan bajakan. hehe.. Software-software ini termasuk dalam kategori standar komputer. Saya pilih yang paling banyak digunakan.

1. Operating Sistem

Jika tidak mampu beli Windows yang asli, cobalah LINUX untuk mengisi OS komputer anda. Kualitas dan tampilannya hampir mirip dengan windows lho.. mungkin akan terasa asing mengunakannya pertama kali, namun LINUX diciptakan sesederhana mungkin untuk mempermudah anda memahaminya. Jangan takut belajar dan jangan sungkan untuk bertanya. Makin banyak kok forum-forum LINUX di internet, mereka dengan senang hati membantu anda dari awal sampai anda mahir menggunakannya.

2. Browser

Gunanya untuk membuka halaman demi halaman di internet. Anda tidak akan bisa berinternet jika tidak menggunakan sebuah browser. Untuk browser, siapa yang tidak tahu Mozilla Firefox? browser andalan buatan Mozilla ini sudah teruji kehandalannya. Selain cepat, Firefox juga aman dari segala ancaman malware jahat yang banyak berkeliaran di internet. Anda bisa mendownloadnya secara gratis disini. Bahkan sudah ada yang versi bahasa indonesianya.

3. Antivirus

Antivirus sangat penting bagi komputer anda untuk melindungi dari bermacam-macam serangan virus yang mematikan. Banyak penyedia software antivirus gratis diantaranya: Avira AntiVir Personal, Avast Free Antivirus, dan AVG Free Editions. Untuk antivirus lokal juga ada: Smadav dan Artav. Monggo download disitusnya masing-masing, updatenya pun juga mudah tinggal online saja. Beda dengan antivirus bajakan yang harus offline dahulu untuk mengupdatenya.

4. Office

Untuk kategori office, Open Office layak anda miliki. Kemampuannya hampir sama dengan Microsoft Office bahkan kompatibel. bedanya, jika Microsoft Office anda harus membeli, maka Open Office bisa anda miliki dengan gratis dengan mengunjungi situsnya disini. Bagi saya sendiri, Open Office sangat mudah digunakan dibanding Microsof Offce yang tampilan menu navigasinya sedikit lebih ribet. Semakin banyak lho kantor dan institusi pemerintah menggunakannya.

5. Editor Gambar Bitmap

Bagi penyuka desain utak-atik gambar yang terbiasa dengan Photoshop dapat mencoba GIMP (GNU Image Manipulation Program). Walaupun kemampuannya belum bisa mengalahkan software buatan Adobe itu, namun GIMP layak dijadikan alternatif jika anda belum mampu membeli software Adobe Photoshop asli yang harganya mencapai 5 jutaan. Dapatkan software gratisnya dengan mengunjungi situsnya disini.

6. Editor Gambar Vector

Mirip dengan Corel Draw, yang berfungsi membuat dan mengedit gambar vector yang tersusun atas garis dan bidang. Inkscape layak dijadikan acuan bagi anda penyuka software desain grafis. Lupakan Corel Draw yang mahal, sedot software gratis Inkscape disini.

7. Media Player

Banyak software pemutar audio gratis seperti Winamp, Jet Audio, AIMP. Anda termasuk salah satu penggunanya bukan?

8. Video Player

Disamping Miro, MPC (Media Player Classic) sangat layak digunakan. Dukungan Codec dan kualitas gambar yang bagus membuat MPC dapat memutar file video manapun seperti AVI, MKV dll. Jadi tak perlu khawatir jika tidak bisa menonton film atau video berformat baru. Download softwarenya disini.

9. Mail Client

Untuk software pembaca email dari desktop, pilihan jatuh pada Mozilla Thunderbird. Kemampuannya yang dapat membaca email berupa POP, IMAP, atau HTML ini layak anda miliki di desktop komputer anda. Produk buatan Mozilla ini dapat didownload langsung disini.

10. Kompresi

Software pengompresi data berguna untuk memperkecil ukuran file yang besar tanpa menghilangkan data aslinya. Biasanya berupa file .zip, .rar dll. Software yang terkenal adalah Winzip, namun software buatan Microsoft ini tidak murah harganya. Tapi tenang saja, ada yang gratis kok, ada 7Zip yang dapat menjalankan fungsi seperti Winzip diatas. Download 7Zip disini.

Demikian beberapa macam daftar software gratis yang saya tulis. Masih banyak ratusan software asli gratis lainnya yang tidak bisa saya jelaskan satu persatu karena keterbatasan waktu. Aplikasi diatas merupakan standar dalam komputer manapun atau biasanya dimasukkan dalam starter kit windows. Jadi sebagian besar anda sudah memilikinya. Atau kunjungi situs Open Source jika ingin mengetahui software apa saja selain yang saya tulis diatas.

Semoga makin banyak blogger yang menulis tentang fungsi dan keuntungan menggunakan software Open Source didalam blognya. Makin banyak yang menjelaskan tentu berdampak baik bagi kita sendiri yang sangat berat untuk membeli software asli yang tidak terjangkau harganya. Ubahlah kebiasaan negatif memakai software bajakan. Jika tidak mampu, beralihlah ke software-software gratis atau Open Source yang makin banyak jumlahnya.

Ayo kita selamatkan negara kita dari kerugian, gunakanlah software asli mulai dari sekarang. Saya pun demikian, akan segera beralih memakai software asli. Minimal software Open Source. Bagaimana dengan anda? Ingin segera beralih atau tetap setia dengan software bajakan?

Iklan

About Dhaniar Fito

Penulis amatiran yang berpura-pura menjadi blogger supaya terkenal di internet, terutama Google.

12 responses to “Open Source

  1. Kebanyakan yang pakai linux ya, mas?
    Saya masih bertahan dengan yang asli. :p

  2. YanzGates

    maksih bnayk ya ats infonya.Bisa di pakai bahan pertimbangan nh……..

  3. saat ini saya masi blom bisa beli aslinya
    mending make yang gratisan dulu

    tapi kalo untuk editing foto + vector saya masih make yang bajakan :p
    hehehe

  4. saya sangat setuju pakai yang asli, sebab kalau pake bajakan sepertinya kita nggak menghargai jarih payah seseorang, karena kita tahu itu adalah hasil cucuran keringat, airmata bahkan darah…wkwkwk

    • hahaha..bisa saja om joko ini. memang benar om, kasian yg udh capek2 kerja keras bikin software gak dpt nikmatin hasilnya.
      tp karena harganya mahal, mending pake yg gratisan. seperti software open source ini.

  5. Hingga kini beberapa aplikasi yang ada di laptop masih tergolong bajakan lantaran belum nemu aplikasi open source yang mampu bekerja se-familiar yang bajakan.
    AutoCAD misalnya, atau MS Office yang ternyata ketika dicoba menggunakan Open Office kok rumus”pada Excel malah gag mau kompak ?
    Jadi kebingungan sendiri.
    Sejauh ini baru Windows, Smadav dan Kaspersky saja yang resmi saya beli dengan serial number dijamin asli pula. Sedangkan open source gratisan yang lain ada banyak seperti Winamp, ThunderBird, CCleaner, Chrome, Opera, HTTrack, WinPlayer Classic dan software informer :p

    • memang yang berbayar tidak tergantikan kualitasnya. yang gratisan malah banyak kekurangan. maklum kan gratis. heheh..
      kalo yang office saya udah belajar membiasakan pake Open Office, exel emang jarang saya gunakan karena belum paham sepenuhnya. 🙂
      ohya, MS Office sekarang udh ada yg home edition kok, kalo gak salah lebih murah. kira2 700rbuan. tp msh mahal utk ukuran kantong saya. :p

      windows mas asli? kenapa gak pake Microsoft security essential (MSE) aja? downloadnya gratis kok. saya sendiri pake itu. lumayan enteng dan teruji kualitasnya.

      https://dhaniarfito.wordpress.com/2011/03/02/anti-virus-gratis-dari-microsoft/

  6. Ya, mending pake Open source yang udah pasti legal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s