Posted on

Gara-gara sitemap

Selasa siang kemarin iseng-iseng browsing lagi di Google tentang cara membuat Sitemap untuk WordPress. Saya masih penasaran sekali dengan fungsi kegunaan Sitemap yang katanya baik buat sebuah blog di search engine. Berulangkali mencoba bikin gagal mulu soalnya. Maklumlah blogger baru yang masih harus banyak belajar. Lama muter-muter akhirnya pencarian berakhir kepada suatu blog yang membahas cara membuat sitemap. Tutorial yang dijelaskan lumayan lengkap bagi saya, mulai dari mendaftar dulu di situs pembuat sitemap sampai cara verifikasi di Google Webmaster Tools.

Selama membaca, tahapan-tahapan tutorial tersebut saya praktekkan langsung sesuai instruksinya. Nah, permasalahan mulai muncul saat submit sitemapnya di webmaster tools ketika sitemap yang sudah saya buat tidak bisa di submit disana. Dengan pengetahuan minim tentang sitemap, saya tetap memaksakan submit terus menerus meskipun berulangkali ditolak oleh Google. Payah..

Pada saat gagal itulah, akhirnya saya menyerah dengan sendirinya. heheh.. lebih baik menulis artikel baru daripada memaksakan keinginan sulit tersebut pikir saya. Dan setelah selesai menulis, waktunya untuk di publish dengan segera. Saya selalu gak sabaran ketika selesai menulis. Maunya cepet-cepat dipublish biar keliatan sering update blognya hehehe..

Namun yang terjadi lain dengan yang saya pikirkan.  Artikel yang barusan saya tulis tidak bisa diterbitkan alias hanya ada HALAMAN KOSONG..!! What kenapa ini?? berungkali saya mereload browser tetapi sama saja. Jangankan pemberitahuan telah diterbitkan, tulisan yang saya buat tadi juga kosong atau hilang. Aduh bagaimana ini, sudah capek-capek nulis malah hilang tuh postingan.

Kemudian saya berpikir mungkin kejadian gagal posting tadi akibat pembuatan sitemap yang telah saya pasang di page/halaman atas blog. Tapi apa iya..? Saya coba lagi dengan login dari browser yang lain. Nyatanya tidak ada yang berubah. Masih sama tidak bisa posting artikel atau mengedit postingan yang sudah ada. Keanehan lain yang tidak biasanya di dashboard terdapat peringatan dari admin WordPress. Kata-katanya seperti ini: “Warning: We have a concern about some of the content on your blog. Please click here to contact us as soon as possible to resolve the issue and re-enable posting“.

Waduh kenapa ini ya? Segera saya ikuti perintah yang ditulis dengan mengklik link yang telah disediakan dan membawa saya ke halaman kode error WordPress.com. Disana dianjurkan mengirimkan spesifikasi permasalahan yang telah saya alami. Maka dengan bantuan Google Translate sayapun mengirimkan laporan masalah seperti yang saya jelaskan diatas.

Dini hari pukul 01.20 WIB barusan, akhirnya mendapat pemberitahuan dari pihak admin WordPress via email. Akhirnya direspon juga pikir saya  walaupun harus menunggu hampir setengah hari lamanya. Isinya adalah saya diharuskan menghapus url page sitemap yang telah saya buat. Jika tidak dihapus, maka pihak WordPress akan menghapus atau men-suspend permanent blog saya. Hmm..ternyata benar juga. Gara-gara sitemap sialan..! Cepat-cepat saya menuju dashboard halaman WordPress untuk membunuh link yang telah merepotkan saya seharian itu.

Alhamdulillah… blog saya kembali normal dan bisa kembali posting artikel di satu-satunya blog yang saya miliki ini. Kejadian tadi akan saya jadikan pengalaman berharga siapa tahu teman-teman blogger ada yang mengalami hal yang sama dan membutuhkan bantuan. Sedikit kesimpulan yang saya catat buat teman blogger dari pengalaman tadi:

Jika WordPress yang anda buat adalah versi gratisan seperti punya saya ini, maka jangan sekali-kali membuat sitemap. WordPress sudah membuat sitemap secara otomatis bagi kita. jadi kita tidak perlu membuatnya lagi. kecuali blog anda menggunakan WordPress.org.

Ah sudahlah, yang penting bisa kembali posting… hehehe… Ohya, apakah teman-teman blogger pernah mengalami kejadian seperti saya barusan? atau masalah lain yang lebih parah dari ini?

 

Tambahan:

Mulai dini hari tadi tepatnya sekitar pukul 03.30 WIB, server WordPress.com benar-benar mengalami Down atau problem. Blogger pengguna WordPress tidak bisa masuk ke dashboard mereka termasuk saya. Entah karena apa, sampai saat ini belum bisa mendapatkan keterangan dari pihak WP. Untungnya pagi ini sekitar pukul 08.00 WordPress.com kembali normal.

About Dhaniar Fito

Penulis amatiran yang berpura-pura menjadi blogger supaya terkenal di internet, terutama Google.

15 responses to “Gara-gara sitemap

  1. adnan

    mas dhani (bener ga?) wordpress memang sudah mempunyai sitemap.. alamat sitemap blog mas itu https://dhaniarfito.wordpress.com/sitemap.xml

    jadi tidak usah susah2 membuat hal. sitemap.. 🙂

  2. adnan

    blog yg di host di wp.com memang sudah otomatis mempunyai sitemap .

    ini alamatnya blogkamu.wordpress.com/sitemap.xml

    jadi tidak usah susah2 bikin sitemap lagi.

    • iya mas, kemarin juga dapet konfirmasi dari pihak WP. memang benar WP.com sdh mempunyai sitemap sendiri. maklumlah orang awam mas adnan.. alias newbie.. hehhe..

      makasih mas adnan udh berkunjung.. 🙂

  3. Refaldo Fanther ⋅

    mas saya sekarang mendapat masalah yang sama persis, bener-bener sama persis. trus saya juga udah kirim pesan ke admin wordpress, tapi blum dapat balasan2. trus abis baca blog mas saya mau langsung hapus page sitemapnya, tapi ga bisa terus. waktu menghapus keluarnya halaman kosong lagi dan tetep masih ada page sitemapnya. mohon beri petunjuk lebih lanjut mas, bagaimana menghapus page ini karena dengan cara biasa ga bisa?

    • wah, cepet klik petunjuk peringatan (Warning: We have a concern about some of the content on your blog. Please click here to contact us as soon as possible to resolve the issue and re-enable posting) di dashboard wp refaldo. tulis masalahnya dikolom bawah besar dengan bahasa inggris. saya dulu pake google translate 🙂 minta akun saya diperbaiki. saya jelaskan juga masalah tidak bisa nulis atau edit posting di blog.

      konfirmasi pihak wp biasanya malam hari sekitar pukul 01.00-02.00. klo belum terima kirim lagi laporannya.

      nanti dijelaskan disana halaman apa yang harus dihapus. klo ada balasan dari wp saya jamin refaldo bisa menghapus halaman sitemap itu.

  4. Refaldo Fanther ⋅

    Thanks mas Dhaniar, iah setelah lebih dari satu hari dan saya sudah kirim tiga kali complain akhirnya dapat balasan dari wp nya. akhirnya bisa jalan lagi, mampir2 yah ke blog saya http://refaldology.wordpress.com/

  5. Haloo gan.. ane lg kena hal yg sama sperti yg agan” prnah alami n saya jg sudah mngirim psan k’via admin..k
    Kira” butuh berapa lama ya gan???

    apakah blog saya msih bisa kmbali lagi??
    maklum gan newbie nihh..

    http://clickyudhaqirana.wordpress.com

  6. slavester

    gan jadi gimana caranya?saya mengalami kejadian yg sama skg

  7. ramaakbar ⋅

    makasih neh gan atas infonya, blog saya juga pernah seperti itu, tapi sekarang sih udah ga lagi gan, oh ya jangan lupa visit ramaakbar.wordpress.com.. terima kasih..

  8. meichiebi ⋅

    Om admin aku juga nggak bisa posting nich sekaranng. Kenapa ya? Di text boxt nya dashboard nggak bisa difungsikan lagi. Nggak bisa nulis ataupun menyisipkan gambar, ada yang tau ga solusinya?

  9. tokokacamatatembuspandang ⋅

    mohon Bimbingannya, itu letak pengahpusannya disebelahmana ya bos??

    terima kasih dan mohon penjelasannya, karena hal ini sedang saya alami

  10. radifandi

    saya newbie bgt,bru buat wp 20menit lalu,koq mau post,gx bisa,notifikasi pun gx bisa,hanya hlaman putih dibawahnya bingung

Tinggalkan Balasan

