Posted on

Belajar dari Jepang

Barusan nyempetin mampir ke Kaskus dan menemukan postingan member dari aduhaduh yang jadi Hot Threads situs forum terbesar di Indonesia itu. yang jadi pusat perhatian saya adalah foto ini:

Jalan raya di Jepang yang hancur karena gempa (Atas) dan setelah diperbaiki selama 6 hari (Bawah)

Tanggung jawab pemerintah Jepang kepada rakyatnya dalam pelayanan infrastruktur patut kita acungi jempol. Bagaimana tidak, sebuah jalan raya besar yang hancur karena gempa dahsyat beberapa waktu lalu dapat diperbaiki dengan cepat dalam waktu 6 hari..!! Well, ini merupakan bukti dari kualitas pemerintah Jepang membangun SDM tinggi untuk menciptakan Good Governance dinegaranya. Perlakuan timbal balik dari pungutan pajak dari rakyat telah terbayar dengan memulihkan sarana dan prasarana umum termasuk Jalan raya.

Sungguh ironis melihat tanggung jawab seperti itu jika dibandingkan dengan negara kita. Jangankan perbaikan Jalan separah itu, memperbaiki lubang jalan menganga saja pemerintah daerah memerlukan waktu berbulan-bulan. Jangan heran bila anda berkendara sering melihat pohon pisang ditanam ditengah jalan. Itu merupakan sindiran masyarakat kepada pihak aparatur berwenang yang tidak cepat tanggap atau bahkan pura-pura tidak melihat keluhan masyarakat. Pembangunan dan perbaikan jalan menjadi sampingan tindakan korupsi para pejabat. Mengatasnamakan rakyat namun kuping mereka tiba-tiba menjadi tuli ketika ada keluhan rakyat.

Saya sangat salut kepada pemerintah negeri sakura ini karena hanya dalam waktu 6 hari saja jalan raya dapat digunakan lagi mulus seperti sedia kala. Bagaimana caranya ya? entahlah. Mudah-mudahan ini menjadi contoh pembelajaran kepada pemerintah Indonesia bagaimana memberikan kualitas pelayanan kepada rakyatnya. Jangan hanya rajin menarik pajak yang ujung-ujungnya hanya dikorupsi.

 

Sumber:
Kompas
Kaskus
Iklan

About Dhaniar Fito

Penulis amatiran yang berpura-pura menjadi blogger supaya terkenal di internet, terutama Google.

6 responses to “Belajar dari Jepang

  1. Rusa

    wew…
    Gila Jepang emang keyen banget ya
    canggih 😀

    Pemerintahannya emang mantaf juga
    gak kek di sini

  2. r10

    ga mungkin hal ini dilakukan di indonesia

  3. wah itu ajaib namanya mas

  4. waduh bikin jalan raya 6 hari?? kalah kok ama sejarah indonesia bangun candi dalam semalam heheheh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s